Sinergitas Polres Bojonegoro dan Dunia Pendidikan Dalam Menjaga Kebhinekaan NKRI

oleh

Bojonegoro, memo.co.id

Pentingnya dilakukan pihak kepolisian untuk menjaga Kebhinekaan NKRI dan menjalin sinergitas terhadap dunia pendidikan. Dalam hal ini Kepolisian Resort Bojonegoro peduli akan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, SH., SIK., M.Si pada Senin (4/9/2017) pukul 07. 30 WIB berikan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) Narkoba di SMPN 2 Bojenegoro. Dengan diikuti oleh seluruh guru SMPN 2 Bojonegoro, acara di gelar dengan tujuan untuk memberikan pesan kepada guru sebagai pendidik agar disampaikan kepada murid didiknya.

Dengan mengambil tema “Sinergitas Polres Bojonegoro dan Dunia Pendidikan Dalam Menjaga Kebhinekaan NKRI, dalam memberikan materi Kapolres didampingi Kasat Binmas AKP Sri Iswamati dan Kasat Narkoba AKP Ramelan.

Acara yang dikemas dalam rangka Pembinaan dan pendidikan character buiding, juga dilaksanakan dalam rangka membentuk karekter siswa sebagai antisipasi kerawanan penyalahgunaan narkoba.

Dalam paparannya, Kapolres mengungkapkan bahwa saat ini bahaya peredaran narkoba sudah merambah pada pada kalangan usia remaja, baik itu sebagai konsumen maupun sebagai pelaku pengedar atau kurir. Menurut data dari Kepolisian, keterlibatan anak usia sekolah khususnya tingkat SMU yang berhasil diungkap oleh Polri yaitu yang baru-baru 1 ton oleh Polda Metro, 9 kg di Polres Sampang, 20 kg oleh Polda Jatim dan 200 gram di Bojonegoro yang pelakunya adalah mantan Kades di wilayah Sumberrejo.

“Sehingga kita jarus lakukan pengawasan terhadap anak-anak kita jangan sampai terlibat narkoba dan miras,” pesan Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga berpesan agar selalu mengawasi perilaku anak-anak saat menggunakan internet, kerana saat ini media untuk menyebarkan narkoba juga melalui internet.

“Saat ini siswa-siswi merupakan salah satu sasaran dan media kejahatan baik itu kejahatan penyebaran narkoba maupun berita hoax,” imbuh Kapolres.

Masih menurut Kapolres bahwasannya Guru memiliki peran aktif dalam menanggulangi berbagai kejahatan, karena setiap harinya tenaga pengajar selalu bertatap muka dengan siswa. Selain itu juga berharap Guru dapat lebih waspada untuk menanggulangi berbagai kejahatan dengan selalu memberi wawasan positif ke anak didiknya.

“Ada 3 hal yang perlu diperhatikan untuk menanggulangi semua kejahatan yaitu selalu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, tingkatkan wawasan tidak hanya lewat buku tetapi juga dari luar buku yaitu dengan lingkungan dan internet”, pungkas Kapolres.

Selain memberikan materi mengenai narkoba, Kapolres juga mensosialisasikan program inovasi pelayanan publik yang dimiliki Polres Bojonegoro CAS (Crime Alarm System) kepada seluruh guru SMPN 2 Bojonegoro.(mus/res)

Tinggalkan Balasan